Kamis, 22 Desember 2016

Tips Pencarian di Google


Tips Mencari Informasi Menggunakan Google

Pada kesempatan ini UMAUINFO akan berbagi informasi mengenai tips pencarian informasi menggunakan Google, meskipun mencari informasi di internet menggunakan google memang sangat mudah cukup memasukkan beberapa kata kunci yang ingin dicari maka akan keluar informasi-informasi yang "berkaitan atau sama dengan kata kunci" kita cari, namun sering kali tidak sesuai dengan yang ingin kita cari, untuk memilah hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan tentu bisa menjadi masalah yang memusingkan untuk kita.

Nah berikut ini UMAUINFO akan mengulas lebih dalam mengenai tips-tips efektif untuk mendapatkan informasi melalui pencarian google.

Gunakan kata kunci yang lebih spesifik

salah satu yang jarang kita perhatikan ketika melakukan pencarian menggunakan google ialah menggunakan  kata-kata yang terlalu umum. Oleh karena itu, mulai dari sekarang gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik untuk mencari informasi di google, karena google adalah sebuah mesin pencari yang hanya kata-kata yang dimasukkan sebagai kata kunci bukan menyediakan apa yang kita tanyakan.

Contohnya ketika kita ingin mencari informasi tentang Teknologi Google maka berikanlah penekanan pencarian dengan kata tersebut dengan kata kunci yang ingin dicari untuk menguatkan pencarian kita dan itulah yang dimaksud dengan memberikan kata spesifik kepada google untuk mencarikan atau menggunakan kata yang berfariasi namun tidak keluar dari konteks yang ingin dicari.

Gunakanlah Kalimat Tanya dan kalimat jawaban atau hasil

Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga cukup membantu kita sebagai alterantif. Contohnya saja ketika kita ingin menemuan kata Teknologi Komputer maka gunakanlah kalimat tanya seperti; apakah teknologi komputer itu? atau bagaimanakah teknologi komputer itu? dan sebagainya. Dengan menggunakan konteks seperti itu yakni memberikan kalimat tanya maka jawaban anda juga sama dengan pertanyaan orang lain yang disajikan oleh google dan disini juga konteks pertanyaannya menjadi lebih relevan dengan menggunakan kata tanya tersebut.

Jika di atas kita menggunakan kata tanya atau mengubah kata kuncinya menjadi kalimat tanya maka akan keluar apa yang sering di tanyakan oleh orang-orang diinternet. Namun berbeda dengan konteks ketika kita bertanya maka kita ingin mendapatkan jawaban. Nah disinilah letak logika yang harus kita mainkan ketika kita bertanya maka yang diinginkan oleh jawaban, sedangkan mesin pencari atau dalam hal ini Google bukanlah orang atau alat yang mampu menjawab namun google hanyalah mesin pencari yang mengumpulkan informasi dalam satu tempat kemudian menghubungkannya dengan kita. 


Maka yang perlu kita lakukan ialah dengan cara memberikan kata kunci jawaban atau hasil dengan cara memberikan kata adalah atau ialah. kenapa kedua kata tersebut! cukup masuk akal, karena google hanya sebuah mesin pencari dan pengumpul informasi maka apa yang dicari tersebut harusnya bukan lagi ditanyakan namun didefinisikan. Contohnya Ketika anda ingin mencari kata "Mesin Pencari Google" maka jangan hanya memasukkan kata "Mesin Pencari Google" namun berilah kata untuk mendefinisikannya menjadi "Mesin Pencari Google adalah" kata bantu adalah memberikan informasi kepada mesin pencari untuk memunculkan jawaban bukan hanya pertanyaan, karena seyogiyanya kita membutuhkan jawaban bukan pertanyaan. SETUJU???


Menggunakan "Tanda Kutip" sebagai kunci pembantu.

Bila suatu ketika kita ingin menggunakan mesin pencari google untuk mencari informasi tentang Teknologi Kamera dengan fitur DSLR maka hasil yang kitadapatkan dari browsing tersebut ialah kebanyakan berkaitan dengan merek kamera dan produsennya.

Namun jika kita ingin hasil yang lebih spesifik dan akuran maka kita perlu menambahkan tanda untuk memberikan perintah kepada mesin pencari agar mengkhususkan kata yang ditandai tersebut, dan tanda tersebut ialah "Tanda Kutip" maka penulisannya seperti "Teknologi Kamera dengan fitur DSLR" dengan cara seperti ini, mesin pencari google akan menyingkirkan hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.


Gunakanlah tanda + (Plus) dan - (Minus)

Jika sebelumya anda ingin mencari pencarian yang spesifik dengan menggunakan tanda petik maka kali ini untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. Contoh pencariannya seperti "Teknologi Kamera DSLR" ingin menambahkan merek atau produsennya maka tinggal ditambahkan saja dengan tanda + menjadi "Teknologi Kamera DSLR + Merek" dan ingat jangan lupa tanda kutipnya, maka google akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada kata kunci tambahan mengenai "Merek". 

Penggunaan Minus ialah untuk mengurangi tanda kunci untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya ya? Kenapa harus mengurangi hasil pencarian, ini dikarenakan google mengindeks semua halaman yang dianggap penting. Tidak pedui apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, atau bookmark dan sebagainya.


coba dibayangkan jika mencari soal psikotes tapi hasil yang muncul hanya iklannya orang yang menjual soal psikotes. Oleh karena itu digunakanlah tanda minus untuk menghilangkan iklan tersebut, menjadi "Soal psikotes" - iklan.


Anda juga bisa menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam bigg.com atau lintasberita.com contohnya "soal psikotes"-site:lintasberita.com.


Pencarian dengan ekstensi

informasi di internet tidak hanya berisi informasi yang berada di website namun juga ada beragam informasi lainnya yang berasal dari dokumen, File PDF, bahkan jenis video dan music seperti FLV, dan MP3 atau juga file-file lainnya. Caranya ialah ketika anda mengetikkan kata kunci maka di belakang kata kunci tersebut tuliskan jenis atau tipe file yang ingin anda cari contohnya; Teknolog Google filetype:"pdf".

Google memang bisa dikatakan penguasa dalam penyedia informasi di internet. Tapi masih banyak media lain yang dapat memberikan informasi seperti; Wikipedia, yahoo, youtube, ask dan sebagainya. Anda bisa menggunakan cara-cara tersebut dengan mengombinasikannya untuk mendapatkan informasi yang lebih relevan, spesifik dan berkualitas.

Nah demikian dulu untuk Informasi Tips Pencarian di Google. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang Membuat Akun Google sebagai penambah wawasan Anda seputar Teknologi Informasi dan KomunikasiLain kali akan saya tambahkan dengan artikel-artikel menarik lainnya, atau jika anda ingi artikel anda diterbitkan di blog Share Tikom saya ini, Anda bisa mengisi formulir dengan cara Click Kirim Artikel.

Tidak hanya itu kami juga berusaha memahami kekurangan blog Share Tikom saya yang belum mampu menyediakan Artikel-artikel yang tidak anda temukan dengan menyediakan link Request Artikel dengan begitu Saya setidaknya mampu mengobati kekecewaan Anda karena tidak menemukan Artikel yang Anda butuhkan di blog Share Tikom yang sederhana ini.


Jika Anda ingin diskusi lebih lanjut seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saya telah menyediakan Forumnya dengan cara bergabung di Forum agar kita sama-sama mendapatkan manfaat terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

So Nanti saya akan lanjutkan lagi dengan berbagai macam artikel-artikel Up To Date yang tidak kalah menarik untuk menambah informasi Anda.


Sebelum anda memutuskan untuk menutup artikel Tips Pencarian di Google di blog ini, silahkan berikan masukannya di kolom komentar ya!!! Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share di bawah ini agar semua orang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar