Sabtu, 24 Desember 2016

Cara Menggunakan Tag Hreflang untuk Bahasa dan URL Regional

Cara Menggunakan Tag Hreflang untuk Bahasa dan URL Regional

Jika anda pemilik website atau blogger dan ingin mendapatkan pembaca dari berbagai wilayah mungkin sudah saatnya anda menggunakan fasilitas Google Tag hreflang. Fasilitas ini membantu website atau blog anda untuk menentukan pembaca anda atau anda bisa menentukan wilayah mana yang ingin anda sasar untuk menjadi pembaca blog atau website anda.


Banyak Situs Web yang melayani pengguna dari sleuruh dunia dengan konten yang diterjemahkan atau ditujukan bagi pngguna di wliyaha tertentu. Google menggunakan atriubt rel="alternate" hrflang="x" untuk menyediakan bahasa atau URL regional yang benar dalam hasil penelusuran.

Kemudian berikut ini adalah beberapa skenario yang menyarankan penggunaan rel="alternate" hrflang="x".

Jika anda mempertahakan konten utama dalam satu bahasa dan hanya menerjemahkan template, seperti navigasi dan footer. Laman yang menyajikan konten buatan pengguna seperti sebuah forum biasanya akan membuat tag ini.

Jika konten anda mempunyai variasi regional yang kecil dengan konten serupa dalam satu bahasa. Misalnya, Anda dapat mempunyai konten berbahasa Melayu yang ditujukan untuk Malaysia, Brunei dan Singapore.

Konten situs anda diterjemahkan sepenuhnya. Misalnya, anda memiliki bahasa Indonesia dan Melayu untuk masing-masing laman.

Menggunakan Anotasi Bahasa
Anda bisa bayangkan jika memiliki laman yang mempunyai bahasa inggris yang dihosting  dihttp://www.example.com/, kemudian dengan alternatif bahasa Spanyol di http://www.example.com/. Anda dapat menunjukkan kepada Google bahwa URL bahasa Spanyol tersebut adalah bahasa laman berbahasa Spanyol yang setara dengan laman bahasa Inggris dengan salah satu dari tiga cara berikut ini:

Element tautan HTML di header. Untuk bagian HTML <Header> dari http://www.example.com/, tambahkan elemen link yang mengarahkan ke laman web versi bahasa Spanyol http://www.example.com/, seperti contoh berikut ini;
<link rel="alternate" hreflang="es" href="http://es.example.com/"/>

Header HTTP. Jika anda menerbitkan file non-HTML (seperti PDF), maka anda dapat menggunakan header HTTP untuk menunjukkan versi bahasa yang berbeda dari URL:
Tautan : <http://es.example.com/>;rel="alternate"; hreflang="es"

Untuk menentukan beberapa nilai hreflang di header tautan HTTP pisahkan nilai dengan koma seperti contoh berikut ini:
Tautan: <http://es.example.com/>;rel="alternate"; hreflang="es",<http://de.example.com/>; rel="alternate"; hreflang="de"

Peta Situs. Sebagai pengganti menggunakan markup, anda dapat mengirimkan informasi versi bahasa di Peta Situs.

Catatan:
Untuk Mudahnya jika anda tidak ingin repot-repot silahkan ikuti saja contoh tag tersebut kemudian ganti bahasa dan alamat website atau blog anda.

Jika anda memiliki beberapa versi bahasa untuk sebuah URL, setiap laman bahasa harus mengidentifikasi semua versi bahasam termasukv ersi bahasa laman itu sendiri. Misalnya, jika situs anda menyediakan konten bahasa lam bahasa prancis, inggris, dan spanyol, versi spanyol perlu menyertakan tautan 'rel="alternate" hreflang="x" untuk laman itu sendiri sekaligus tautan ke versi bahasa prancis dan inggis. Begitu juga dengan versi bahasa inggris dan perancis, masing-masing harus menyertakan referensi yang sama ke versi bahasa perancis, inggris, dan spanyol.

Catatan:
Anda dapat menetapkan URL Multibahasa di domain yang sama seperti URL yang ditentuka, atau menggunakan dari domain yang berbeda.

Sebaiknya anda memberikan URL umum untuk pengguna yang tidak ditentukan secara geografis jika anda memiliki beberapa URL alternatif yang ditujukan bagi pengguna dengan bahasa yang sama, namun di lokal yang berbeda. Misalnya, anda memiliki URL khusus untuk orang yang berbhahasa Inggris di Irlandia, (en-ie), Kanada (en-ca), dan Australia (en-au), tapi anda juga ingin orang berbahasa Inggris lainnya melihat laman Inggris generik (en) sedangkan orang yang lainnya melihat beranda. dalam hal ini, anda harus menentukan laman berbahasa Inggris (en) generik untuk penelusur di, misalnya, Inggris Raya. Anda dapat menganotasikan kelompok laman ini menggunakan file peta situs atau menggunakan tag tautan HTML seperti berikut ini:



<link rel="alternate" href="http://example.com/en-ie" hreflang="en-ie" />


<link rel="alternate" href="http://example.com/en-ca" hreflang="en-ca" />


<link rel="alternate" href="http://example.com/en-au" hreflang="en-au" />

<link rel="alternate" href="http://example.com/en" hreflang="en" />


Untuk alat pilih bahasa/negara atau beranda pengalihan otomatis, Anda juga perlu menambahkan anotasi untuk nilai hreflang "x-default":

<link rel="alternate" href="http://example.com/" hreflang="x-default" />

Nilai Bahasa yang didukung
Nlai dari atribut hreflang mengidentifikasi bahasa  (dalam format ISO 639-1) dan secara opsional wilayah ( dalam format ISO 3166-1 Alpa 2) dari URL alternatif. Misalnya:

de: konten bahasa Jerman, sembarang wilayah
en-GB : Konten Bahasa Inggris, untuk pengguna di Britania Raya
de-ES: Konten Bahasa Jerman, untuk pengguna di Spanyol

Catatan:
Jangan menentukan kode negara sendiri! Google tidak dapat memperoleh bahasa dari kode negara secara otomatis. Anda dapapt menentukan kode bahasa sendiri jika anda ingin menyederhanakan pemerian tag. Tambahkan kode negara setelah bahasa untuk membatasi laman pada daerah tertentu. COntohnya:

be : Bahasa Belarus, sembarang wilayah (bukan bahasa Prancis Belgia)
nl-be: Bahasa Belanda untuk Belgia


fr-be: Bahasa Prancis untuk Belgia 

Untuk variasi skrip bahasa, skrip yang tepat diperoleh dari negara tersebut. Misalnya, dengan menggunakan zh-TW untuk pengguna zh-TW, skrip bahasa akan diperoleh secara otomatis (dalam contoh ini: Aksara China Tradisional). Anda juga dapat menentukan skrip itu sendiri secara langsung menggunakan ISO 15924 seperti contoh berikut ini:

zh-Hant: China (Aksara Tradisional)


zh-Hans: China (Aksara Sederhana)

Alternatifnya, anda juga dapat menentukan kombinasi skrip dan wilayahnya, menggunakan zh-Hans-TW untuk menentukan bahasa China (Aksara Sederhana) untuk pengguna Taiwan.

Untuk yang terakhir, ilai yang dilindungi "x-default" digunakan untuk menunjukkan pemilih/pengalih bahasa yang tidak spesifik untuk satu bahasa atau wilayah, misalnya, beranda anda menunjukkan peta dunia yang dpat diklik.

Kesalahan Umum yang sering terjadi.

Perhatian:
Pastikan bahwa nilai hreflang yang anda berikan benar-benar valid. Berhati-hatilah dengan dua kesalahan yang paling umum.

Tidak ada tautan konfirmasi: Jika laman A menautkan ke laman B, laman B harus menautkan kembali ke laman A. Jika hal ini tidak terjadi di semua laman yang menggunakan anotasi hreflang, anotasi tersebut mungkin diabaikan atau tidak diinterpretasikan dengan semestinya.
Kode Kesalahan Bahasa: Pastikan bahwa semua kode bahasa anda menggunakan mengidentifikasi bahasa (dengan format ISO 639-1) dan, secara opsional, wilayah (dalam format ISO 3166-1 Alpha 2) dari URL alternatif. Menentukan wilayah saja akan dianggap tidak valid.

Sumber:
Diambil dari sumber asli Menggunakan hreflang untuk bahasa dan URL regional


Nah demikian dulu untuk Informasi Cara Menggunakan Tag Hreflang untuk Bahasa dan URL Regional. Lain kali akan saya ditambahkan dengan artikel-artikel menarik lainnya, atau jika anda ingi artikel anda diterbitkan di blog Share Tikom saya ini, Anda bisa mengisi formmulir dengan cara Click Kirim Artikel.

Tidak hanya itu kami juga berusaha memahami kekurangan blog Share Tikom saya in yang belum mampu menyediakan Artikel-artikel yang tidak anda temukan dengan menyediakan link Request Artikel dengan begitu Saya setidaknya mampu mengobati kekecewaan Anda karena tidak menemukan Artikel yang Anda butuhkan di blog Share Tikom saya yang sederhana ini.


Jika Anda ingin diskusi lebih lanjut seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saya menyediakan Forumnya dengan cara bergabung di Forum agar kita sama-sama mendapatkan manfaat terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Teknologi.

So Nanti saya akan lanjutkan lagi dengan berbagai macam artikel-artikel Up To Date yang tidak kalah menarik untuk menambah informasi Anda.

Terima kasih ya anda  telah membaca artikel saya tentang Cara Menggunakan Tag Hreflang untuk Bahasa dan URL Regional anda juga bisa membaca artikel terkait tentang Browser Google Chrome sebagai informasi tambahan untuk anda.



Sebelum anda memutuskan untuk menutup artikel Cara Menggunakan Tag Hreflang untuk Bahasa dan URL Regional di blog ini, silahkan berikan masukannya di kolom komentar ya!!! Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa untuk klik tombol share di bawah ini agar semua orang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar