Rabu, 21 Desember 2016

Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer

Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer dari Masa ke Masa
Ilustrasi Bagan Sejarah Komputer dari Masa ke Masa

Sejarah Komputer dari masa ke masa ini diawali dari ditemukannya alat hitung oleh Charles Babbage. Berkat penemuannya ia dikenal sebagai ilmuwan yang jenius dan berpengaruh terhadap perkembagan komputer. Kemudian alat itu dikembangkan lebih lanjut secara bertahap hingga berkembang menjadi sebuah komputer yang disebut generasi. Ada beberapa generasi komputer yang masing-masing memiliki cerita dan ciri khas tersendiri.

Dari masa ke masa pererkembangan komputer mengalami masa-masa yang sulit. Komputer terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi terbaru. Hingga kini, beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer Quantum atau sering disebut-sebut sebagai teknologi komputer masa depan.

Dari inovasi,kerja keras dan pemikiran cerdas para ilmuwan yang ikut andil dalam perkembagan teknologi komputer yang begitu pesat Inovasi tersebut kami akan bagi menjadi beberapa bagian Dahulu, sekarang dan masa depan, mari kita simak bersama.

komputer Generasi Pertama
  Perangkat komputer pertama berciri khas CPU yang super besar yang terpapat pada komputer generasi 1 yang mempunyai kode name Mark 1 merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah Machine Language. Perangkat tersebut kali pertama dikembangkan untuk design pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse, seorang Insinyur Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, Komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John Von Neuman.

Perkembangan komputer lainnya ialah ENIAC (electri Numerical Integrator Computer yang dibuat oleh kerjasana antara pemerintah AS dan Universitas Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder. Komputer tersebut merupakan mesin yang besar dengan konsumsi daya sebesar 160 kW. ENIAC dirancang oleh John Presper dan John W. Mauchly, Perangkat ini merupakan komputer serbaguna yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1.

Selanjutnya ialah Desain milik Von Neumann yang dinama dengan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang dirancang pada tahun 1945 dengan sebuah memory untuk menampung baik program maupun data. Teknik ini memungkinkan pemakaiannya pemakaiannya berhenti suatu saat dan bisa dilanjutkan kembali. Otak utama dari EDVAC ialah yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Enam tahun kemudian tepatnya di 1951 Remington Rand membuat komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut dengan memberinya naya UNIVAC I yakni Universal Automatic Computer I.

Ciri khas utama komputer generasi pertama ialah instruks operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin. Hal in menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lainnya ialah penggunaan vacum tube yang masa itu berukuran besar dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Komputer Generasi Kedua
Pada generasi kedua ini transistor menjadi batu loncatan untuk mengembangkan komputer menjadi lebih baik dari sebelumnya, penemuannya begitu mempengaruhi perkembangan komputer yang ditemukan pada tahun 1948. Transistor menggantikan tube vacum berukuran besar yang menghabiskan tempat di perangkat tv, radio, dan komputer. Akibatnya ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.


Tahun 1956 transistor mulai digunakan secara besar-besaran di dalam komputer. Penemuan lainnya yang merupakan pengembangan memori intermagnetik membantu mengembangkan komputer generasi kedua menjadi lebih kecil, leih cepat dan lebih handal begitu juga dengan konsumsi daya yang lebih hemat dibanding pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi ini ialah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch kemudian disusul oleh Sprey-Rand membuat LARC. kedua komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom yang dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para insinyur atom. Mesin tersebut sangatlah mahal dan cenderung lebih kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly yakni bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Awal 60-an bermunculan komputer kedua yang sukses di bidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer-komputer tersebut merupakan komputer sepenuhnya menggunakan transistor, perangkat tersebut juga memiliki komponan yang diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory sistem operasi dan program.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman di dalamnya memberikan fleksibilitas yang meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas untuk para pebisnis, Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau untuk menghitung daftar gaji.

Bahasa pemrograman COBOL (Common Business Orientated Language) dan FORTRAN (Formulation Translation) mulai digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan para programmer kommputer untuk mengaturnya, dan mulai saat itu berbagai karir baru mulai bermunculan seperti Programmer, analisis sistem, dan ahli sistem komputer berlanjut kepada industri perangkat lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa kompuer generasi kedua ini.

Komputer Generasi Ketiga
 Pada generasi ketiga ini ciri utamanya adalah penggunaan IC (Integrated Circuit CHIP) kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu. Karena dalam pemakaian transistor komputer lebih cepat panas. Maka pada tahun 1958 seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Penelitiannya membuahkan hasil dengan menciptakan komponen yang lebih canggih dari transistor.

Batu Kuarsa (Quartz Rock) menjadi bahan utama  IC. Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chio tunggal yang disebut semikonduktor. Alhasil komputer menjadi sangat kecil karena komponen-komponennya dapat dirampingkan di dalam chip. Kemajuan yang dicapai generasi ketiga lainnya ialah ialah penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memory komputer.

Komputer Generasi Keempat
Komputer Generasi ini menggunakan IC yang telah di Upgrade oleh perusahaan Very Large Scale Integration yang mencoba penelitian dan pengembangannya pada tahun 1980-an. Hasilnya satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen, yang berukuran setengah keping uang logam yang mendorong harganya menjadi lebih rendah. Nah dari sinilah istilah PC (Personal Computer) terlahir. Artinya perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan, tidak sampai disitu saja muncullah laptop yakni komputer yang mudah di bawa ke mana-mana. 

Hal ini juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (CPU, Memory, dan kendali Input/Output) di dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sekarang sebuah micropprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tak lama kemudian perangkat rumah tangga seperti peralatan dapur dan alat-alat hiburan lainnya telah dilengkapi dengan mikroprosesor.

Pada tahun inilah beberapa perusahaan besar mulai bersaing merebut pasar dengan menciptan inofasi-inofasi  di masing-masing perangkat yang diusung. Seperti Atari dengan Atari 2600 menarik perhatian konsumen dengan komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

IBM pada tahun 1981 memperkenalkan PC untuk penggunaan rumah, kantor dan sekolah. Disaat itu juga IBM bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis dan mempopulerkan penggunaan Mouse pada komputernya, sementar pesaingnya yang lain masih menggunakan komputer berbasiskan teks sebut saja Microsoft selain IBM.

Komputer Generasi Kelima
 Untuk mendefinisikan generasi kelima ini mungkin menjadi cukup sulit dikarenakan tahap ini masihlah terlalu muda. Contoh karya yang dianggap generasi kelima ialah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C Clarke yang berjudul 2001: Space Odyssey. HAL (Tokoh cerita) menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. HAL dengan kecerdasan buatan dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia menggunakan masukan visual dan belaakr dari pengalamannya sendiri.

Banyak juga orang menganggap bahwa komputer generasi kelima sudah terjawab dengan hadirnya beberapa perangkat sebagai bukti kecilnya seperti smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan lain sebagainya. Namun itu semua masih anggapan belaka.

Nah Jepang sebagai salah satu negara yang mengusung teknologi di segala lini kehidupannya mempunyai jargon yang juga cukup terkenal dalam mensosialisasikan proyek-proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan impiannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Komputer Generasi Keenam
 Komputer Generasi Keenam ini juga sama dengan generasi kelima, yakni masih dalam tahap pengembagan dan belum diketahui secara jelas bentuknya. Namun dari ciri-cirinya generasi keenam ini lebih difokuskan kepada menghasilkan teknologi komputer yang canggih juga yang mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki Bio Chip. BioChip sendiri terbuat dari bahan protein sintetis yang kelak akan menjadi makhluk tiruan seperti manusia atau hewan tiruan, itulah mengapa dinamai BioChip dikarenakan komposisinya berasal dari protein Sintetis. Selain itu para ilmuwan sekarang sedang merintis suatu komputer tanpa program (programless Computer). Komputer generasi ini diprediksi tidak memerlukan penulisan atau pembuat program. Dasar dari programless komputer ini adalah riset tentang mikrooptik dan input output radio.

Generasi keenam diprediksi sebagai komputer tercepat karena bekerja dengan vector processor system, yakni adanya penggunaan beberapa buah processor yan dapat bekerjasama secara parallel. Kecepatan super komputer ini sama dengan 1 milyar operasi perdetik. Komputer generasi ini selain dapat digunakan secara personal, dapat pula dimanfaatkan oleh industri besar pengeboran minyak untuk mendeteksi keberadaan minyak.

Komputer Generasi Ketujuh


Komputer Generasi ketujuh ini diperkirakan akan sangat mengubah gaya hidup masyarakat di dunia, diperkirakan bahwa rumah kita dalam 20 tahun ke depan akan bisa terhubung ke internet, bis sekolah anak-anak, halte bus, perpustakaan, TV, Kulkas, Mobil Pribadi dan bahkan kaca lemari dan meja hias kita pun nantinya akan dapat terhubung ke internet. Bahkan dengan teknologi dari generasi komputer ketujuh ini kita bisa face to face berinteraksi dengan teknologi hologram.

Kebutuhan akan kompter di masa depan akan menjadi kebutuhan yang akan menyamai seperti sandang dan pangan untuk memenuhi kebutuhan kita. Diperkirakan permainan anak-anak zaman dahulu dan zaman yang akan datang akan sangat berbeda dikarenakan kemajuan komputer generasi ketujuh ini.

Komputer Generasi Quantum

Komputer Generasi Quantum adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, contohnya superposisi dan keterkaitan untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klaisk, jumlah data dihitung dengan bit, sedangkan komputer quantum hal ini dilakukan dengan qubit. Ide mengenai komputer quantum ini berasal dari beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennet yang berasal dari laboratorium IBM, Paul A Benioff dari Laboratorium National Argonne di Illinois, David Deutsch dari universitas Oxford dan Richard P. Feynmann dari Caltech Institut Technologu of California.

Feynmann pada awalnya mengemukakan idenya mengenai sistem uantum yang juga dapat melakukan proses perhitungan. Feynman juga memaparkan bahwa sistem ini bisa menjadi simulator untuk percobaan fisika quantum. Selanjutnya para ilmuwan melakukan riset mengenai sistem quantum ini, mereka juga berusaha untuk menemukan logika yang sesuai dengan sistem tersebut. Sampai saat ini telah dikemukakan dua algortma baru yang bisa digunakan dalam sistem quantum yakni algoitma shor dan algoritma grover.

Meski komputer quantum masih dalam perkembangan, namun telah dilakukan eksperimen operasi komputasi quantum dilakukan terhadap sejumlah kecil Qubit. Riset secara teoritis dan praktis terus berlanjut dalam laju yang cepat. Banyak pemerintah nasional dan agensi militer mendukung riset komputer quantum untuk pengembangan baik untuk keperluan rakyat maupun masalah keamanan nasional seperti kriptoanaisis.

Nah demikian dulu untuk Informasi Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang Tips Pencarian di Google sebagai penambah wawasan Anda seputar Teknologi Informasi dan KomunikasiLain kali akan saya tambahkan dengan artikel-artikel menarik lainnya, atau jika anda ingi artikel anda diterbitkan di blog Share Tikom saya ini, Anda bisa mengisi formulir dengan cara Click Kirim Artikel.

Tidak hanya itu kami juga berusaha memahami kekurangan blog Share Tikom saya yang belum mampu menyediakan Artikel-artikel yang tidak anda temukan dengan menyediakan link Request Artikel dengan begitu Saya setidaknya mampu mengobati kekecewaan Anda karena tidak menemukan Artikel yang Anda butuhkan di blog Share Tikom yang sederhana ini.


Jika Anda ingin diskusi lebih lanjut seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saya telah menyediakan Forumnya dengan cara bergabung di Forum agar kita sama-sama mendapatkan manfaat terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

So Nanti saya akan lanjutkan lagi dengan berbagai macam artikel-artikel Up To Date yang tidak kalah menarik untuk menambah informasi Anda.


Sebelum anda memutuskan untuk menutup artikel Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer di blog ini, silahkan berikan masukannya di kolom komentar ya!!! Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share di bawah ini agar semua orang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar