Kamis, 29 Desember 2016

sejarah Micrososft Windows

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows

Windows adalah salah satu Sistem Operasi komputer yang terkenal dan merajai sebagian besar pangsa pasar OS di dunia yang digunakan diberbagai perangkat keras Personal PC sampai dengan versi Mobile. Penggunaannya bervariasi mulai dari Individu sampai dengan pebisnis dan corporasi.

Penemu OS ini adalah dua orang sahabat yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Sistem Operasi pertama yang mereka buat berawal dari Pengembangan MS-DOS yakni sebuah sistem Operasi berbasis modul teks dan command line atau CLI. Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan lingkungan GUI dan kemampuan multitasking.

Pada tahun 1983 Microsoft mengumumkan pengembangan sebuah antarmuka grafis untuk sistem operasi buatannya setelah menjual lisensi MS-DOS miliknya untuk sistemp PC milik IBM semenjak tahun 1981 sehingga fokus Microsoft adalah mengembangkan Sistem Operasi berbasiskan GUI.

Versi Windows bisa di  lihat sebagai berikut ini;
Windows 1.0
Versi Pertama windows dari keluarga varian GUI yang disebut dengan windows 1.0 dirilis pada tahun 20 November 1985 yang memiliki banyak sekali kekurangan sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya windows ini akan dinamai dengan Interface Manager namun Rowland Hanson kepala pemasaran Microsft meyakinkan petingginya bahwa nama Windows akan lebih memikat dan mengena ke konsumen. Windows versi ini bukanlah os lengkap tetapi hanya kemampuan yang diperluas dari versi DOSnya dengan tambahan antarmuka grafis dan masih memiliki kelemahan yang sama dengan MS-DOS.
Kekurangan tersebut bisa dilihat dari jendela-jendela tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Selain itu tidak ada tempat untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (recycle Bin).  Itulah sebabnya Windows menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple untuk membuang limitasi tersebut dengan selalu ada upgrade untuk melihat versinya.

Windows 2.x
Versi kedua ini muncul pada 9 Desember 1987 dan sedikit lebih populer dari pendahulunya. Kepopulerannya didapatkan dari kedekatannya dengan aplikasi grafisnya yakni Microsoft Excel dan Word. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dijalankan di MS-DOS, kemudian memasuki windows untuk melakukan operasinya dan akan keluar dengan sendiri saat aplikasi ditutup.

Akhirnya Windows memperoleh peningkatan signifikan saat Aldus Page Maker muncul dalam versi ini, yang sebelumnya hanya ada pada macintosh. Versi kedua ini 2.0x menggunakan model memori modus real, yang hanya bisa mengakses memori hingga 1 megabite saja. Dalam konfigurasi seperti itu windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya seperti DESQview yang berjalan pada modus terproteksi yang ditawarkan oleh Resi Kiswanto pada Intel 80286.

Windows 2.1x
selanjutnya Microsoft mengeluarkan Windows 2.1x dengan versi yang berbeda bar dirilis, yaitu Windows/286..1 dan Windows/386 2.1. Laiknya versi windows sebelumnya 286 menggunakan model memory modus areal tetapi merupakan versi yang pertama yang mendukung High Memory Area. kemudian 386 2,1 memiliki kernel yang berjalan pada modus terproteksi dengan emulasi EMS standar lotus Intel Microsoft yang disingkat menjadi LIM.

Versi lainnya v2.03 dan kemudian diubah menjadi v.3.0 yang mendapatkan tuntutan dari Apple karena memang versi 2.1 ini memiliki modus penampilan jendela secara cascade (bertumpuk) selain fitur lain Apple yang ditiru oleh windows utamanya karena masalah tampilan look and feel. Akhirnya hakim membatalkans emua 189 tuntutan tersebut kecuali 9 tuntutan yang diajukan oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 Juni 1989.

Windows 3.0
Pada versi 3.0 inilah windows mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat mencapai v3.0 yang dirilis tahun 1990. OS versi ini menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, versi ini juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beebrapa aplikasi MS-DOS secara multitasking. Peningkatan tersebut disebabkan oleh performa pemrosesan grafik pada waktu itu adanya VGA dan juga modus terproteksi/modus 386 Enchanced  dibandingkan MS-DOS.

Fitur yang disebutkan dan dukungan pasar perangkat lunak aplikasi yang semakin berkembang menjadikan windows 3.0 sangat sukses di pasaran. Tercatat, dalam dua tahun sebelum dirilis versi 3.1, Windows versi 3.0 telah terjual sebanyak 10 juta copy hingga menyebabkan versi 3.0 menjadi sumber utama pemasukan Microsoft.

Peralihan Windows OS/2
Microsoft dan IBM bekerjasama selama hingga pertengahan 1980an mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut IBM OS/2. OS/2 dapat menggnakan semua kemampuan yang ditawarkan microposesor Intel 80286 dan mampu mengakses memori hingga 16 MB.
OS/2 vrsi 1.0 adalah sebuah sistem operasi berbasis command line saja. versi 1.1 yang dirilis pada 1988 menawarkan antarmuka grafis yang disebut dengan PM yakni Presentation Manager yang menggunakan Koordinat Cartesius. Beerbeda dengan OS Windows yang berbasis Sistem GUI lainnya. Pengguna Sistem koordinat menyebabkkan titik x,y 0,0 pada OS/2 diletakkan pada pojok kiri bawah layar, sementara pada windwos peletakannya pada pojok kir atas. 

Windows 3.1
Windows 3.1 adalah sebuah jawaban dari rilisnya IBM OS/2 versi 2.0 ke pasaran, pihak Microsoft mengembangkan Windows 3.1 yang menawarkan beberapa peningkatan minor terhadap Windwos 3.0  yang dikembangkan bersama-sama Apple. versi 3.1 juga menghilangkan dukungan untuk modus area, sehingga hanya berjalan pada modus terproteksi. 

Windows for Workgroups
Windwos for Workgroup tersedia baik sebagai tambahan untuk windwos 31 dan sebagai sebuah versi yang mencakup di dalamnya lingkungan dasar windwos dan tambahan kemampuan jaringan di dalam sebuah paket. 
Windows Workgroup dirilis dalam dua versi yakni 3.1 dan 3.11. Tidak seperti versi windows sebelumnya versi 3.11 hanya berjalan di dalam modus 386 Enchanced, dan membutuhkan setidaknya mesin dengan prosesor Intel 80386SX.

Windows NT
Arsitek utama Windows NT ialah Dave Culter yang merupakan salah satu dari pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan Digital Equipment Corporation yang kemudian dibeli oleh Compaq yang sekarang menjadi bagian dari perusahaan HP. Culter direkrut  pada tahun 1988 oleh microsoft untuk membuat sebuah os/2 yang bersifat portable, namun Culter membuat sistem operasi baru.
Salah satu peningkatan terbesar dari windwos NT adalah API 32 bit yang baru dibuat untuk menggantikan API 16 bit yang sudah lama. Win32 API memiliki tiga buah implementasi utama, pertama untuk Windwos N dengan dukungan ANSI ataupun Unicode, kedua untuk Chicago yang hanya mendukung ANSI
Windows NT merupakan sistem operasi windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel Hibrida, setelah pada versi-versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic saja.

Windows 95
Setelah keberhasilannya pada Windwos 3.11 Microsoft mulai mengembangkan windows yang berorientasi kepada pengguna yang berkode chicago. Chicago didesain agar memiliki dukungan terhadap multitasking pada 32 bit sebagaimana OS/2 dan NT
Akhirnya bagian marketing Microsoft menggunakan nama Windows 95 sebagai kodename produk chikago dan dirilis pada 24 Agustus 1995. Sebelum menggantikannya dengan versi Windows yang baru, Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda sebagaimana berikut;

  • Windows 95 rilis yang sebenarnya dari Windwos 95
  • Windows 95 A mencakup Windwos 95 Original Service Release 1 (OSR1) yang dimasukkan secara langsung terhadap instalasinya
  • Windows 95 B yang mencakup beberapa pembaruan mayor lainnya, seperti halnya berkas FAT32 dan Internet Explorer 3.0. versi ini juga dikenal dengan Windwos 95 OSR2 atau di Indonesia dikenal dengan Windwos 97
  • Windwos 95 B USB atau Windwos 95 OSR2.1 yang merupakan versi Windows 95 yang menawarkan dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus Universal Serial Bus atau USB
  • Windows 95 C release dari Windows 95 OSR2.5 mencakup semua fitur yang sudah disebutkan di atas, ditambah Internet Explorer 4.0 versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis dari seri Windows 95.
Windows NT 4.0
Windows NT 4.0 adalah penerus dari NT 3.x yang sudah lebih dulu sukses mengancam dominasi Novell Netware dan UNIX di pasara korporasi. Windows NT 4.0 pertama kali dikembangkan dari sebuah usaha untk memperkenalkan Windows NT kepada pasar workstation. 
Windows NT 4.0 mempunyai 4 versi;

  • Windows NT 4.0 Workstation
  • Windows NT 4.0 Server
  • Windwos NT 4.0 Server, Enterprise Editon dan yang terakhir
  • Windows NT 4.0 Terminal Server
Windows 98
Windows 98 dianggap sebagai revisi minor dari Windows 95 yang dikenalkan oleh Microsoft pada 25 Juni 1998 namun secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT 32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, salah satu batasan yang ada pada Windwos 95. Windows 98 mengundang kontroversi saat memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer, ke dalam sebuah sistem operasi dan tidak dapat dicabut.
Pada tahun 1999 Microsoft merilis Windows 98 Second Edition, yakni sebuah rilis yang menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelunya. Internet Connection Sharing yakni mengizinkan beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu buah jalur koneksi internet bersama-sama yang diperkenalkan pada versi ini.

Windows 2000
Pada tahun 17 Februari 2000 sesuai dengan tahunnya Windows merilis sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan Windwos NT 5.0 yang ditukuan untuk dua pangsa pasar. Yaitu workstation dan juga pangsa pasar server.
Meskipun Windows 2000 dapat diperbarui komputer yang sebelumnya menjalankan Windows 98, Windows 2000 tidaklah dianggap sebagai produk yang cocok untuk penggun rumahan. Alasannya yaitu kurangnya device driver ntuk banyak perangkat pengguna seperti scanner dan juga printer pada saat direlease. 
Windows 2000 tersedia dalam enam edisi, yakni:
Windows 2000 Professional
Windows 2000 Server
Windwos Advanced Server
Windwos Datacenter Server
Windwos 2000 Advanced Server Limited Edition
Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition

Windows Me
Singkatan dari Windows Millennium Edition yang kemudian lebih dikenal dengan sebut Windows ME. OS ini dibuat dalam waktu yang singkat sekali, kira-kira hanya satu tahun, yang ditujukan hanya untuk mengisi kekosongan rilis antara Windows 98 dan Windows XP sebagai sistem operasi untuk kelas rumahan. Fitur-ftur yang terdpat di dalam Windows ME antara lain; Internet Explorer 5.5 Windwos Media Player 7.0 dan Microsoft Directx 7.1 yang bisa diupdate di situs resminya.

Windows ME merupakan sistem operasi terakhir yang dibuat berdasarkan kernel monolithic windwos 9x dan MS-DOS. Versi ini pun menjadi versi terakhir sistem operasi Windows yang tidak memiliki Windows Product Activation (WPA)

Windows XP: menyatukan kedua jajaran produk
Whistler adalah nama kode dari Windows XP yang selama pengembangannya. Windows XP menggunakan kernel Windows NT sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16 atau 32 bit yang sudah lawas.

Windwos XP merupakan versi OS Windows yang paling lama setidaknya hingga tulisan ini dibuat masih ada beberapa konsumen terutama perusahaan yang memakainya.

Windows XP tersedia dalam beberapa versi antara lain;

  • Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan
  • Windows XP Home Edition N yang sama seperti Home Edition biasa namun tidak memiliki Windows Media Player karena dikaitkan dengan peraturan Uni Eropa yang tidak memperbolehkannya.
  • Windows XP Professional yang ditujukan untuk para power user dan pebisnis
  • Windows XP Professional N yang sama seperti Professional Edition namun tidak memiliki Windwos Media Player dikarenakan aturan Uni Eopa juga.
  • Windwos XP Media Center Edition yang disingkat menjadi MCE. Dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk desktop dan laptop dengna penekanan pada hiburan rumahan. Windows MCE terdiri dari 3 versi release sbb;
  1. Windows XP Media Center Edition 2003
  2. Windows XP Media Center Edition 2004
  3. Windows XP Media Center Edition 2005
  • Windows XP Tablet PC Edition yang ditujukan untuk PC Tablet atau PC layar sentuh
  • Windows XP Embedded yang ditujukan untuk sistem benam
  • Windows XP Starter Edition ditujuakn untuk para pengguna kompuer di beberapa negara berkembang
  • Windows XP Professional x64 Edition dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64 bit yang berbasiskan set instruksi x86
  • Windows XP 64 bit Edition merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaan prosesor Intel Itanium
Windows Server 2003
Di tahun 2004 tepatnya 24 April Windows Server 2003 diluncurkan dengan sebuah pembaruan untuks istem operasi Windwos 2000 Server yang menawarkan banyak fitur-fitur keamanan baru, pemandu "Manage Your Server Wizard" yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya, peningkatan kinerja.

  • Windows Server 2003 tersedia dalam 5 buah versi edisi sbb;
  • Windwos Server 2003 Web Edition
  • Windows Server 2003 Standard Edition
  • Windows Server 2003 Enterprise Edition terdapat di dalamnya untuk pengguna 32 dan 64 bit)
  • Windows Server 2003 Datacenter Edition
  • Windows Server 2003 Small Business Server

Windows Vista
Dirilis pada 30 November 2006 untuk kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. OS Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna terbatas yang disebut dengan UAC.

Windows Vista dijual dalam beberapa release versi sbb;

  • Windows Vista Starter
  • Windows Vista Home Basic
  • Windows Vista Home Premium
  • Windows Vista Business
  • Windwos Vista Enterprise
  • Windows Vista Ultimate

Windows Home Server
OS ini menggunakan nama kode Q adalah singkatan dari Quattro yang menyasar produk server yang diturunkan dari Windows Server 2003 didesain untuk kalangan pengguna rumahan dan diperkenalkan pada 7 Januari 2007 oleh Bill Gates.

Windows Server 2008
Windwos Server 2008 ialah versi baru dari Windows Server yang dijadwalkan rilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya memiliki kode name "Longhorn" OS ini dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan ketimbang pendahulunya.

Windows 7
Windows 7 Dirilis pada 22 Oktober 2009 sebagai pengganti OS Vista yang sebelumnya banyak masalah, dengan kode nama Blackcomb dan Vienna. Pertama kali dirilis OS ini memiliki kernel NT v6.1 build 7600, yakni perbaikan dari OS Vista yang memakai Kernel NT 6.0 Build 6000.

Fitur OS 7 diantaranya ialah Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Media Player v12, IE 8 dan lainnya. Beberapa fitur unik adalah sidebar yang berganti nama menjadi gadget dan bebas ditaruh di manapun di desktop. Fitur ini membuat OS 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah daripada Windwos Vista.

Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga memiliki 6 varian yaitu;
Windows 7 Starter
Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Premium
Windows 7 Professional
Windows 7 Ultimate
Windows 7 Enterprise

Windows 8
Pengembangan OS 8 dimulai sebelum OS 7 diluncurkan pada tahun 2009. Tanggal 13 Desember 2011 menjadi awal rilis Windows 8 dengan build 8102 yaitu untuk Develoepr Preview, maksudnya adalah dikhususkan untuk pengembang saja dulu, dengan dilengkapi start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah contoh aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft. Baru kemudian pada tanggal 29 Februari 2012 OS 8 for Consumer Preview diluncurkan namun masih beta dengan versi Build 8250.
Untuk pertama kalinya sejak OS95 tombol Start yang menjadi ciri khas OS Windows tidak dimunculkan oleh Microsoft di Taskbar, meski masih bisa dibuka dengan cara mengklik pojok kiri bawah layar dan menu start akan akan nongol di kotak charm. di tahun yang sama tepatnya 1 Agustus 2012 WIndwos 8 Build 9200 diilis dengan nomor build 6.2.9200.16384 yang peluncurannya diadakan pada 25 Oktober 2012 dan untuk publik keesokan harinya.
Edisi Windows 8 sbb;
 Windwos 8 Pro
 Windwos 8 Enterprise
 Windwos 8 RT

Windows 8.1
Tanggal rilis 26 Juni 2013 build 9431 dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi dengan tombol mulai yang baru, Booting langsung ke DE LAE DEMMAdesktop, layar kunci yang disempurnakan dan sejumlah aplikasi metro yang baru.

Pada tanggal 27 Agustus 2013 OS 8.1 dirilis dengan nomor build 6.3.9600.16384. yang peluncurannya diadakan pada 17 Oktober 2013.
Fitur-fitur yang terdapat pada OS Windows 8.1 ialah
Aplikasi standar baru seperti ; calculator, alarm, sound recorder, reading list, food and dring, help and tips, dan sebuah file manager skydrive modern UI.
Kembalinya tombol start pada windows 8 yang hilang dan aplikasi messaging yang hilang.
Terintegrasi dengan IE11
Brsa 2.0
Boot ke desktop
serach heroes
multi tugas yang fleksibel
layar mulai fleksibel
tampilan baru file eksplorer

Kemudian sama seperti OS Windwos 8 Windows 8.1 juga tersedia dalam 4 edisi yakni;
Windows 8.1
Windows 8.1 Pro
Windows 8.1 Enterprise
Windows RT 8.1

Windows 10
Sampai tulisan ini ditulis Versi OS 10 dari Windows adalah yang update produk Microsoft untuk jajaran Operating sistem dari WIndwos, yang dikenalkan pada 30 September 2014 kemudian pada 29 Juli 2015 dirilis kemudian threshold 2 dari Windows 10 dirilis ke publik.

Release Varian Windows 10 yakni
Windwos 10 Home
Windwos 10 Pro
Windwos 10 Enterprise
Windwos 10 Education
Windwos 10 Enterprise LTBS
Windwos 10 Mobile
Windwos 10 Mobile Enterprise
Windwos 10 loT Core

Nah demikian dulu untuk Informasi Sejarah Microsoft Windows. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang Tentang Mesin Pencari Google sebagai penambah wawasan Anda seputar Teknologi Informasi dan KomunikasiLain kali akan saya tambahkan dengan artikel-artikel menarik lainnya, atau jika anda ingi artikel anda diterbitkan di blog Share Tikom saya ini, Anda bisa mengisi formulir dengan cara Click Kirim Artikel.

Tidak hanya itu kami juga berusaha memahami kekurangan blog Share Tikom saya yang belum mampu menyediakan Artikel-artikel yang tidak anda temukan dengan menyediakan link Request Artikel dengan begitu Saya setidaknya mampu mengobati kekecewaan Anda karena tidak menemukan Artikel yang Anda butuhkan di blog Share Tikom yang sederhana ini.

Jika Anda ingin diskusi lebih lanjut seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saya telah menyediakan Forumnya dengan cara bergabung di Forum agar kita sama-sama mendapatkan manfaat terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

So Nanti saya akan lanjutkan lagi dengan berbagai macam artikel-artikel Up To Date yang tidak kalah menarik untuk menambah informasi Anda.

Sebelum anda memutuskan untuk menutup artikel Sejarah Microsoft Windows di blog ini, silahkan berikan masukannya di kolom komentar ya!!! Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share di bawah ini agar semua orang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar