Rabu, 21 Desember 2016

Mengenal Sistem Operasi


Mengenal Sistem Operasi Terlengkap 2016
Operating System
Jenis System Operasi

Mukaddimah
Kita sering berurusan dengan berbagai macam teknologi di dunia ini, di tempat kerja, rumah, atau di manapun. Sering membawa dan menggunakan perangkat teknologi yang kita sendiri tidak terlalu tahu apa yang membuatnya berjalan, bahkan jika kita ditanya apakah operating system itu maka kita akan mempunyai pandangan yang berbeda apalagi jika kita kurang konsern terhadap hal tersebut. Kali ini Saya akan memaparkan pengertian dan jenis Operating System atau sistem operasi yang sering kita lihat dan jumpai namun jarang kita ketahui.

Pengertian Sistem Operasi
System Operasi atau Operating System (OS) adalah sekumpulan beberapa program pengendali komputer yang telah dibuat oleh software enginer dengan memperhatikan arsitektur dan cara kerja hardware (perangkat keras) yang akan disematkan oleh software operating sistem tersebut. OS sendiri digunakan untuk mengatur semua program yang ada di dalam komputer dan berfungsi untuk mengontrol penyimpanan data dan mengatur program kerja perangkat keras. tanpa adanya OS ini maka komputer tidak akan bisa digunakan karena OS merupakan tempat atau kerja atau ibaratnya rumah untuk beberapa program aplikasi pendukung.

Jenis-jenis Sistem Operasi Komputer, Laptop, Tablet dan Handphone

Windows Operating System
Sistem Operasi ini sudah sangat dikenal khalayak luas dan hampir seluruh komputer dan dan laptop ditanamkan OS ini, OS ini mempunyai sifat multitasking dan multiuser. Sehingga banyak digunakan dan digemari para pengguna komputer.

System operasi ini dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan GNU Gratis. OS ini berefolusi dari MS-DOS menjadi sebuah sistem operasi berbasiskan teks dan command line. OS versi pertamanya diperkenalkan pada 10 November 1983 namun dipasarkan pada bulan november 1985 untuk memenuhi tuntutan komputer dengan tampilan bergambar. Versi OS yang ke v2 dan v3 sama baru kemudian pada v4.0 dan NT 3.1 merupakan Sistem Operasi yang beroperasi mandiri yang tdak tergantung pada MS-DOS.  hingga akhirnya bisa berkembang menguasai penggunaan sistem operasi hingga 90%.

Sejarah Windows dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft yang ingin bersaing dengan Apple Macinthosh yang menggunakan GUI dan diawali dari Windows v1.0 kemudian v2 pertama yang bisa diinstallkan aplikasi. Dengan berbagai macam versi urut Windows sampai pada versi 3.11 yakni versi windows terakhir sebelum era Start Menu seperti layaknya sekarang. Windows 3.11 pun juga versi yang mendukung networking/jaringan. versi hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS yang bisa menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7 tidak seperti windows bit 61 yang harus diinstall melalui DOS. Pada Windows 9x memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9x sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).


MS-DOS Operating System
MS-DOS singkatan dari Microsoft Operating System, merupakan sebuah OS yag sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau OS yang kompatibel dengan dengannya. Perusahaan Microsoft MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, hingga pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis yang dikenal dengan GUI untuk pasar mainstrea, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

Microsoft Disk Operating System (Ms-DOS) adalah OS milik Microsoft Windows yang dikembangkan pada tahun 1981 oleh Bill Gates dan Paul Allen. OS ini kurang dikenal dan kurang populer sekarang karena tidak berbasiskan Graphic User Interface (GUI), namun masih bisa ditemukan di dalam OS milik Microsoft Windows dengan melakukan perintah > run> MS-DOS dan akan muncul layar hitam. MS-DOS ini bersifat single tasking artinya tidak bisa menjalankan perintah banyak, hanya satu perintah berbeda dengan OS Windows generasi setelahnya yang multi tasking yang dimulai dari Windows 98, sampai Windows 10 sekarang sudah multitasking dan user friendly.

Sejarah MS-DOS berasal dari perusahaan pembuatan komputer bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh TI Patterson hingga akhirnya direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahu 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS yang berarti Quick and Dirty Operating System. kemudian namanya dirubah lagi menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain bisa berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086.  Akhirnya Microsoft membeli lisensinya dengan harga 50.000 dolar dari SCP lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya ketika IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

UNIX Operating System
Unix pertama kali dikembangkan oleh perusahaan AT&T di Bell laboratories. Berawal dari project Multics yakni Multiplexed Information and Computing Service. pada tahun 1965 yang dilakukan oleh American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE) dan nstitut Teknologi Massaschusetts (MIT) yang dibiayai oleh Departeen Pertahanan Amerika Serikat (Departement of Defence Advenced Research Project, DAPRPA atau ARPA.Unix didesign sebagai operating system portable, multitasking dan multiuser.

 OS UNIX digunakan untuk menjalankan jaringan pada komputer. Pada awalnya merupakan OS jenis Command Line Interfase mirip MS-DOS namun seiring pemakaiannya menyulitkan pada pengguna baru, dan untuk memudahkan user UNIX membuat versi Graphical User Interface.

Unix adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang dikembangkan UNIX menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih handal.

Prinsip pemrograman LINUX ilaha suatu budaya pemrograman yang menarik. salah satunya adalah yang seperti dikatakan oleh Douglas Mcllroy "Buatlah program yang hanya melakukan satu tujuan tetapi benar-benar melakukannya dengan baik. Buatlah program-program yang saling bekerja sama. Buatlah program dengan teks interface, karena teks adalah interface yang universal.

Linux Operating System
Sejarah Sistem Operasi Linux diawali dari OS UNIX yang dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada tahun 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan secara luas, disalin dan dimodifikasi oleh institusi-institusi akademis dan pebisnis.

Perbedaan utama antara linux dengan sistem operasi lainnya ialah terletak pada kernel linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Linux bukan satu-satunya sistem operasi dalam kategori tersebut, walaupun demikian linux adalah contoh terbaik dan terbanak digunakan.

Sebagian besar distribusi Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Koleksi peralatan untuk membangun aplikasi dan program-program sistem operasi yang umum terdapat di dalamnya seperti GNU toolchain yang terdiri dari GNU Compiler Collection (GCC) dan GNU build system. GCC menyediakan kompilator untuk Ada, C, C++, Java dan Fortron. Kernel Linux sendiri ditulis untuk dapat dikompilasi oleh GCC. Kompilator tak bebas (proprietary) untuk Linux antara lain adalah Intel C++ Compiler dan IBM Xl C/C++ Compiler.

Macintosh Operating System
Mas OS adalah Macintosh Operating System yang dikembangkan oleh Stive Jobs berbasiskan GUI pertama kali diperkenalkan oleh Macintosh yang dirilis di bawah perusahaan yang dipimpinnya Apple Computer pada tahun 1984. Pada saat itu teknologi Mac OS dianggap paling terdepan dan maju. Namun tidak dapat dipertahankan hingga saat ini karena sampai saat ini belum ada yang mampu menyamai pemikiran Steve Jobs sehingga lambat laun kalah saing dengan Microsoft Windows.

Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal Apple yang difasilitasi seluruh aspek hardware dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hla ini berbeda dengan komputer PC pada umumnya, di mana banyak produsen membat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer di luar Apple.

Varian Macintos Produk Apple ini  banyak sekali dimulai dari;
1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
1986: Macintosh Plus
1987: Macintosh II, Macintosh SE
1988: Macintosh IIx
1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, seri Macintosh LC
1991: Macintosh Quadra, PowerBook
1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
1993: Macintosh Centris, Macintosh Color Classic, Macintosh Performa, Macintosh TV
1994: Power Macintosh
1989: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
1998: iMac
1999: iBook, Power Macintosh G4
2000: Power Mac G4 Cube
2001: PowerBook G4
2002: eMac
2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
2004: iMac G5
2005: Mac mini

2006: MacBook, MacBook Pro

Novell Operating System (NOS)
Novell merupakan sebuah perusahaan multnasional yang bermarkas di Waltham, Massachusetts. Didirikan pada tahun 1983 di Provo, Utah. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk perangkat elektronik. Perusahaan ini mempekerjakan 4100 pekerjanya pada tahun 2008

Novell mempunyai sistem operasi yang bernama NOS. NOS adalah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Perusahaan Novell, NOS menyediakan akses file remote transparan dan juga melayani berbagai jaringan terdistribusi, termasuk sharing printer dan dukungan berbagai aplikasi seperti transfer mail serta akses database.

Sistem Operasi Novell ialah Novel Netware ialah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibel dengannya yang dikembangkan oleh Novell dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS. Netware telah digantikan oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari NetWare hingga April 2007 adalah v6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-NetWare Kernel yang support Pack2.

Kelebihan Sistem Operasi ini adalah;

  • Sebagai Software jaringan
  • Manajemen jaringannya lebih mudah
  • Komunkasi antar PC lebih cepat
Kelemahan Sistem Operasi ini adalah:
  • Membutuhkan Spesifikasi Hardware yang besar (Spesifikasi Komputer Server)
  • Berbasis DOS sehingga tidak user friendly
  • sangat sulit untuk pengguna komputer NEWBe
  • Tidak banyak dukungan dari komunitas
Novell menggunakan dedicated server, dimana komputer server yang khusus untuk melayani komputer client.


Symbian Operating System
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian LTd. Yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan oleh peralatan bergerak di bawah Lisensi Nokia.

Symbian adalah sistem operasi handphone dan tablet. OS ini biasa berada di perangkat telepon seluler dan dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd, yakni perusahaan independen hasil kolaborasi perusahaan-perusahaan telepon seluler seperti Nokia, Erricson, Motorola dan Psion. Namun pada 24 Juni 2008 Nokia mengakuisisi seluruh saham Symbian Ltd.

Sejarah Symbian diawali pada tahun 1980 dari perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC sistem operasi ini berfokus pada pengguna mobile. Pada tahun 1998 terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvegensian antara PDA dan telepon seluler yang diberi Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang dikemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5, OS ini mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.

Sistem Operasi ini diklasifikasikan menjadi beberapa jenis seperti;

  • (API) Symbian Umum
  • (API) Symbian Umum Tergantikan
  • (API) Symbian Opsional
  • (API) Symbian Opsional Tergantikan

Blackberry Operating System
Blackberry atau BB diembangkan khusus pada perangkat seluler yang diproduksi oleh perusahaan Blackberry saja, yakni perusahaan telekomunikasi asal Kanada, Research In Motion (RIM). RIM membuat perangkat mobile dengan layanan push email dan mengembangkannya menjadi smartphone dengan fungsi teknologi tinggi seperti GPS, Wifi Internet Mobile dan lain sebagainya.

Blackbarry dikembangkan oleh RI (Research In Motion) untuk perusahaan Blackberry untuk smarphone. Sistem operasi ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat inpt khusus yang telah diadopsi oleh RI untuk digunakan pada handlheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru yakni trackpad dan touchscreen.

Sejarah Blackberry berawal dari kisah sukses RIM dari seorang pemuda Yunani bernama Mike Lazardis yang pada tahun 1967 iigrasi dari Turki ke Kanada untuk mewujudkan mimpi dan merubah nasibnya. Sempat kuliah di Universitas Waterloom mendalami teknik elektro namun karena sesuatu hal iaa dikeluarkan. Tahun 1984 Lazaris mendirikan RIM di Waterloo, Ontario Kanada. Kontrak kerja pertama datang dari General Motor Kanada untuk mengerjakan otomatisasi industri. 

Pada tahun 1991 RIM mengembangkan software untuk mendukung email nirkabel bekerja sama dengan dua perusahaan besar seperti Ericsson dan Anterior Technologi.

Android Operating System
Android berasal dari kernel Linux yakni system operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Android Inc yang kemudian diakuisisi oleh Google Inc pada 17 Agustus 2007 menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google.Meskipun milik perusahaan besar, android justru memberikan lisensi Open Source untuk siapa saja yang ingin mengembangkannya menjadi lebih usefull dan user friendly. Oleh karena itu, Android menjadi OS yang sangat booming di pasaran bahkan android juga telah mampu digunakan pada berbagai perangkat seperti, Handphone, tablet bahkan komputer PC dan laptop.

Antarmuka pengguna Android umumnya berupa manipulasi langsung, menggunakan gerakan sentuh yang serupa dengan tindakan nyata, seperti menggeser, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar serta papan ketik virtual untuk menulis teks.

Sejarah sistem operasi android diawali dari Communicatins Inc. Nick Sears (mantan VP T-mobile) dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan "perangkat seluler pitnar yang lebih sadar akan lokas dan preferensi penggunanya. Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang dperuntukkan untuk kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, dan pengembangan Android lalu dialihkan untuk pasar telepon seluler untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile

Palm Operating System
Palm OS ialah sistem operasi untuk perangkat digital yang kerjanya mirip Windows dan dikembangkan oleh Palm Source Inc. pada tahun 1996. Palm OS ditujukan untuk berbagai merek PDA (Personal Data Assistent) juga dkenal sebagai Garnet OS. Palm OS dirancang untuk kemudahan penggunanya dengan user iterface touchscreen berbasis grafis. Hal ini disediakan dengan suite aplikasi dasar untuk managemen informasi pribadi.

Awalya Palm OS dikembangkan di bawah komando Jeff Hawkins di Palm Computing Inc, Palm kemudian diakusisi oleh US Robotics Corp yang pada gilirannya kemudian dibeli oleh 3com dan kemudian pada 2 maret 2000 dibuat menjadi anak usaha perusahaan public Independent.

Fitur Utama dari Palm OS Garnet saat ini ialah sederhana dengan lingkaran single tasking untuk memungkinkan peluncuran aplikasi layar penuh dengan dasar GUI umum yang mengatur monokrom atau layar warna dengan resolusi hingga 480x320 pxl. Handwriting recognition sistem input disebut graffiti 2 Hostsync teknologi untuk sinkronisasi data dengan komputer desktop. Sound playback dan kemampuan merekam.



Windows Mobile Operating System
Selain Perangkat PC dan Laptop Microsoft Windows juga mengembangkan sayap bisnisnya pada perangkat mobile, yakni sistem operasi untuk perangkat seluler yang dikembangkan Microsoft dan dikhususkan untuk pengguna smartphone serta perangkat mobile lainnya. pada perkembangan selanjutnya Windows Mobile lebih dikenal dengan nama Windows Phone yang didesign  mirip dengan windows versi desktop baik fiture maupun tampilan.

Windows Mobile adalah sebuauh sistem personal yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat mobile namun dikeluarkan untuk pasar tertentu, versi terakhir saat tulisan ini dibuat ialah Windows Mobile 6,5 yang didasarkan pada Windows kernel CE 5.2  dan memiliki fitur sekumpulan aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Windows API. Sistem operasi ini didesain menjadi semirip mungkin dengan windwos versi desktop baik secara fitur dan tampilan. Selain itu, pengembagnannya oleh pihak lain dimungkinkan dalam sistem operasi ini.

Fiture umum dari Windows Mobile ialah;

  • Terdapat informasi tanggal, informasi tentang pemilik, janji yang akan datang, e-mail, serta pekerjaan (tasks) pada layar beranda
  • Taskbar menunjukkan waktu dan volume
  • Memiliki perangkat Office Mobile, yaitu aplikasi Microsoft Office versi mobile
  • Outlook Mobile
  • Internet Explorer Mobile
  • Windows Media Player untuk Windows Mobile
  • Klien untuk PPTP VPN
  • Internet Connection Sharing, aplikasi yang memungkinkan komputer berbagi koneksi internet via USB atau Bluetooth
  • Sistem berkas yang koheren, mirip dengan yang ada di Windows 9x/Windows NT
  • Memiliki kemampuan untuk multi-tasking


Sejarah Pengembangannya;
  • Pocket PC 2000 dulunya bernama Rapier diluncurkan pada tahun 19 April 2000
  • Pocket PC 2000 dulunya bernama Merlin dirilis pada Oktober 2001
  • Windows Mobile 2003 atau wm 2003 dan WM2003 aslinya dinamai Ozone dirilis pada 23 Juni 2003
  • Windows Mobile 2003 SE edisi kedua dikenal juga sebagai Windows Mobile 2003 SE dirilis pada tanggal 24 Maret 2004
  • Windows Mobile 5 dinamai Magneto dirilis oleh Microsoft Mobile and Embedded Depelovers Conference 2005 di Las Vegas 9 s.d 12 Mei 2005.
  • Windows Mobile 6 sama dengan Crossbow dirilis 12 Februari 2007 pada 3GSM World Congress 2007.
  • Windows Mobile 6.1 dirilis pada 1 April 2008 yang merupakan pengembangand ari Windows Mobile v6
  • Windows Mobile 6.5 yang tidak pernah direncanakan sebelumnya dan dideskripsikan oleh pemimpin perusahaannya, Steve Ballmer.
  • Windows Mobile 6.5.1 secara tidak resmi dimasukkan ke beberapa Windows Phone yang menyediakan user interface yang user friendly terhadap jari.
  • Windows Mobile 6.5.3 digunakan oleh Sony Ericsson pada tanggal  Februari 2010 diluncurkan dan merupakan ponsel pintar pertama yang menggunakan OS ini.

MXI (Motion Experience Interface) Operating System
MXi adalah sistem operasi mobile universal yang dijalankan untuk aplikasi mobile seperti Windows, Linux, Palm dan Java.

iOS Apple Operating System
iOS masih sekeluarga dengan Macintosh  karena keduanya di bawah bendera Apple. Bedanya kalau Mac Os untuk perangkat PC dan Laptop maka iOS untuk sistem operasi smartphone yang dikembangkan dan hanya diaplikasikan untuk perangkat Apple Inc seperti iPhone, iPad, dan Apple TV.

WebOS Operating System
webOS adalah sistem operasi milik HP (Hewllet-packard yang berdasarkan kernel Linux dan pertama kali dikembangkan oleh Palm, HP mulai menggunakannya untuk produk smartphone, tablet dan sebagainya milik HP Inc.

Bada Operating System
Bada adalah sistem operasi smartphone atau mobile phone yang dikembangkan dan diluncurkan oleh perusahaan elektronik Korea yang bernama Samsung Elektronik Co.Ltd.

IBM OS/2 Operating System
IBM OS/2 ini dibuat keroyokan oleh Internasional Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 ialah singkatan Operating System/2, OS ini didesign agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Microprosessor intel 80286, diantaranya ialah modus terproteksi (Proected Mode), mampu menjalankan tugas secara simultan, serta mendukung memory virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak Ms-DOS yang beredar saat itu.



Free BSD Operating System
Free BSD ialah Sistem bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. OS ini berjalan di atas sistem intel X86. FreeBSD sendiri kali pertamanya muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuannya adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386 BSD yakni sebuah proyek pengembangan BSDOS yang berjalan di platform Intel Chip.

Solaris Operating System
Solaris ialah sebuah OS yang juga berjalan di platform System UNIX dan diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1992 sebagai pendukung Sun OS. OS ini terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi pada spesifikasi Unix. Walaupun awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Open Source yang biasa dikenal dengan Open Solaris. Namun Sun Solaris terdiri dari beberaoa kode yang tidak hanya inti dari sistem operasi contohnya; Source untuk Installer, Desktop dan Software.

Chrome Operating System
Sistem Operasi ini adalah milik Google yang ringan berbasiskan kernel Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (multi-tasking). OS Google Chrome menggunakan standard web HTML 5 yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasiskan sistem operasi. Jika diperhatikan, chorme ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista. OS Chrome dirilis pada pertengahan 2010.

HAIKU atau BeOS Operating System
Haiku atau BeOS adalah sistem operasi yang bersifat Open Source memiliki arsitektur kuat untuk menjalankan multimedia, mendukung multiprocessor, mendukung 64 journaling file sistem. Dikembangkan pada tahun 2001 untuk menggantikan BeOS

AmigaOS Operating System
Amiga adalah sistem operasi milik Amiga. OS ini dikembangkan pertama kali oleh Commodore Internasioal dan diperkenalkan dengan peluncuran Amiga untuk pertama kalinya ialah Amiga 1000 pada tahun 1985.


Firefox Operating System
Mozilla awalnya adalah perusahaan yang mengembangkan browser firefox kemudian pada tanggal 2 Juli 2013 meluncurkan Sistem Operasi Firefox bersifat Open Source namanya sama dengan perambah webnya untuk perangkat mobile. Pertama kali diperkenalkan ke publik melalui CES 2013 dan telah mendapatkan dukungan dari ZTE Mobile.


MeeGo Operating System
Meego adalah sebuah Sistem Operasi Open Source yang berbasiskan kernel Linux dan targetnya untuk pasa mobile phone. Meego adalah hasil kerjasama Nokia dan Intel, pertama kali diperkenalkan pada Mobile World Congress tahun 2010.

Tizen Operating System
Sistem Operasi yang Open Source berbasiskan Kernel Linux yang dikembangkan oleh Samsung untuk menyaingi Android. Tizen OS telah bekerja sejak awal 2012 tapi telah mengumpulkan perhatian publik baru-baru ini berkat keterlibatan samsung dan minatnya di dalam platform Tizen.

Jolla Operating System
Jolla ialah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia yang terlibat langsung dalam pengembangan sistem operasi MeeGo yakni paltform yang disiapkan Nokia namun tak kunjung berhasil digunakan dikarenakan mereka akhirnya memilih bekerjasama dengan Microsoft untuk membuat OS Windows Mobile.


Maemo Operating System
Maemo ialah sebuah sistem operasi terbaru dari vendor raksasa mobile phone yaitu Nokia. Maemo digunakan untuk perangkat internet terbatas seperti tablet berseri N770, N800, N810 dan N900.
Sejarah OS ini ialah berawal dari OS untuk Internet tablet yang pertama kali dimunculkan oleh Nokia pada versi 770 yang diluncurkan pada 2 Noevmber 2005. yang memiliki beberapa spesifikasi seperti akses internet menggunakan WLAN dengan mesin pencari opera, flash 6, email dasar dan pemutar audio dan video, PDF dan dilengkapi dengan permainan sederhana lainnya.

Maemo memiliki beberapa versi mulai dari Maemo di Nokia 770 kemudian di Nokia 800 selanjutnya Maemo v3 yang diluncurkan pada 4 Januari 2007 dan Maemo v4 yang telah dilengkapi keyboard kwerty dan layar sentuh dan berbagai fasilitas lainnya. Selanjutnya Maemo v5 atau Fremantle yang merupakan tonggak evolusi besar dari platform Maemo yang diperkenalkan dengan penghubung berbasiskan GUI di perangkat Nokia 900.

Maemo sendiri adalah sebuah perkembangan platform yang bersifat open source untuk perangkat-perangkat yang menggunakan sistem linux. seperti internet tablet, yang mewarisi arsitektur Linux dari sistem operasi Unix. Maemo dibuat dari sumber terbuka ang digunakan secara luas dengan beberapa tambahan untuk mengintegrasikan kesemuanya dengan baik pada perangkat yang menggunakannya.


Java Operating System
Java adalah OS yang paling popuer di kalangan pengguna maupun programer Handphone. Awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems yang merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Kata "Java" sendiri diambil dari kata "Jawa" (Bahasa Inggrisnya).

Java sendiri awalnya merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai macam komputer sampai handphone dan biasanya handphone yang menggunakan OS JAva ini antara lain adalah Nokia, Sony Ericson, Motorola, Samsung, bahkan tak sedikit pula merek Handphone besutan China menggunakan OS Java dan hal tersebut tenar sebelum merebaknya virus Android, namun masih eksis sampai sekarang meski tak sebooming dulu.

OS Java biasanya diterapkan pada jenis yang telah polyponik dan lebih banyak Monoponik. biasanya terdapat pada Handphone versi lama meskipun tipe baru juga mengadopsinya namun sedikit. Harga perangkat yang berbasiskan OS Java biasanya lebih terjangkau daripada perangkat berbasiskan OS Android dan Symbian ataupun Windows Phone apalagi MasOS.

Contoh Perangkat yang menggunakan OS Java ialah Nokia 5200, 5300, 5610 dan banyak vendor lainnya juga menggunakan OS ini seperti SE, Motorolla, Samsung dll.



Nah demikian dulu untuk Informasi Mengenal Sistem Operasi. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer sebagai penambah wawasan Anda seputar Teknologi Informasi dan KomunikasiLain kali akan saya tambahkan dengan artikel-artikel menarik lainnya, atau jika anda ingi artikel anda diterbitkan di blog Share Tikom saya ini, Anda bisa mengisi formulir dengan cara Click Kirim Artikel.

Tidak hanya itu kami juga berusaha memahami kekurangan blog Share Tikom saya yang belum mampu menyediakan Artikel-artikel yang tidak anda temukan dengan menyediakan link Request Artikel dengan begitu Saya setidaknya mampu mengobati kekecewaan Anda karena tidak menemukan Artikel yang Anda butuhkan di blog Share Tikom yang sederhana ini.


Jika Anda ingin diskusi lebih lanjut seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saya telah menyediakan Forumnya dengan cara bergabung di Forum agar kita sama-sama mendapatkan manfaat terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

So Nanti saya akan lanjutkan lagi dengan berbagai macam artikel-artikel Up To Date yang tidak kalah menarik untuk menambah informasi Anda.


Sebelum anda memutuskan untuk menutup artikel Mengenal Sistem Operasi di blog ini, silahkan berikan masukannya di kolom komentar ya!!! Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share di bawah ini agar semua orang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar